Cara Membuat Musik 8D Mudah di PC dan Android

Apabila kalian pernah ke konser musik, pasti kalian merasakan musik yang sangat enak dan rasanya berbeda dengan musik aslinya. Kini kalian dapat merasakan hype seperti sedang berada di konser musik padahal kalian berada di dalam kamar. Semua itu dapat kalian dapatkan lewat 8D audio.

Namun apa itu 8D audio itu? Mari kita mulai dari pengertian 3D terlebih dahulu.

Kalian pastinya sudah tidak asing dengan musik 3D bukan? 3D audio menawarkan konsep yang unik yaitu ketika kalian mendengarkan musik yang bertuliskan 3D maka rasanya seperti kalian sedang berdiri di tengah aula dengan speaker yang berada di setiap sudut ruangan. Menarik bukan?

Tidak hanya 3D dan 8D, sekarang ada musik 12D, musik 16D bahkan sampai 24D. Jika kalian mendengarkan musik dengan format seperti itu kalian akan merasakan perasaan tergelitik di kepala karena format tersebut membuat seolah - olah musik yang kalian dengarkan berputar mengelilingi kepala kalian.

Lalu apa yang membedakan musik 3D dan 8D? Keduanya sama - sama mengubah lagu menjadi lebih berdimensi. Namun, musik berformat 8D lebih menggelitik dibandingkan musik 3D karena memiliki sensasi seperti musik berputar - putar di kepala. Teknik untuk membuat musik berformat 8D pun sebenarnya sama seperti membuat musik berformat 3D.

Teknik Musik 8D

cara membuat musik 8d

Sumber gambar: Pena dan Memo

Teknik yang digunakan 8D audio adalah surround sound, sensasi yang akan kalian rasakan apabila kalian menonton film di bioskop, suara yang terdengar seakan akan berada di sekeliling kalian.

Surround sound adalah teknik yang umum digunakan saat pemutaran film di bioskop. Suara yang dihasilkan berasal dari sumber audio dengan beberapa kanal audio tambahan yang berasal dari speaker (Multiple Audio Channels).

Kalian dapat dengan mudah membuat surround sound hanya dengan menggunakan aplikasi edit audio yang dapat kalian install di PC ataupun laptop.

Sebelum kalian membuat musik 8D, ada baiknya apabila kalian sudah mengerti tentang mono dan stereo. Yang membuat mono dan stereo berbeda adalah jumlah saluran audionya. Mono menggunakan saluran tunggal, sedangkan stereo menggunakan dua atau lebih saluran audio.

Cara Membuat Musik 8D di PC

adobe audition cc

Sumber gambar: youtube.com/jaron-belboda

Karena kalian sudah mengerti apa itu musik 8D audio dan teknik yang digunakan, pasti kalian penasaran bukan bagaimana cara membuatnya? Di artikel kali ini kami akan memberikan pada kalian cara membuat musik 8D dengan mudah. 

Salah satunya adalah dengan menggunakan software bernama Adobe Audition CC. Pastikan sebelumnya kalian sudah mempunyai Software bernama Adobe Audition CC terlebih dahulu untuk mendesain audio.

  • Buka Adobe Audition CC

  • Klik (File) lalu (Open), kemudian pilih lagu yang ingin kalian buat menjadi 8D audio, lalu klik (oke).

  • Klik tombol (Play) jika kalian ingin mendengarkan lagu yang kalian pilih sebelum diedit.

  • Untuk pengaturan efek, buka menu (Effects) lalu pilih (Special) dan pilih (Doppler Shifter).

  • Selanjutnya akan keluar pengaturan untuk Doppler Shifter, masukkan preset nya seperti di bawah ini:

Path Type

Pilih yang lambang playback

Radius

55 m

Velocity

45 m/s

Starting Angle

200

Center in Front by

0 m

Center on Right by

0 m

Adjust Volume based on

Direction

Quality

Perfect (slowest)

  • Setelah kalian mengisi pengaturan Doppler Shifter seperti preset diatas, selanjutnya klik (Apply) untuk menyimpan pengaturan.

  • Klik (Play) untuk mendengarkan hasil editan kalian, Gunakan Headset atau Earphone agar perbedaan mono dan stereo terdengar.

  • Jika sudah sesuai dengan selera kalian, simpan lagu yang sudah diedit dengan klik (File) lalu (Save). Jika kalian ingin mengganti namanya simpan dengan (Save As).

  • Langkah terakhir adalah untuk render audio. Caranya klik (File) lalu (Export) pilih (Export with Adobe Media Encoder).

  • Musik 8D yang kalian buat sudah selesai!

Cara Membuat Musik 8D di Android

8d audio converter

Sumber gambar: Google Play Store

Selain dengan menggunakan software Adobe Audition CC, kalian juga dapat membuat musik 8D ini di Android dengan menggunakan  aplikasi bernama 8D Audio Converter. Adapun cara membuat musik 8D di Android menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Install aplikasi 8D Audio converter dari Google Play Store.

  • Buka aplikasi dan kemudian izinkan akses ke file manager dari Android kalian.

  • Selanjutnya, pilih file musik dari penyimpanan android atau sd card yang ingin kalian.

  • Mainkan musik dan aplikasi ini akan memainkan file musik yang kalian pilih dan menyesuaikannya hingga menjadi versi 8D.

Bagaimana? cara membuat musik 8D yang kami berikan mudah untuk kalian coba bukan?

Demikian artikel tentang cara membuat musik 8D. Semoga artikel ini bermanfaat serta memberikan pengetahuan tambahan untuk kalian semua.

Jangan lupa untuk terus mengikuti blog ini untuk tetap mendapatkan rekomendasi serta cara yang bermanfaat yang akan kami berikan selanjutnya. Terima kasih telah meluangkan waktu kalian untuk membaca artikel ini.

Baca Juga: Tutorial Cara Mengubah Foto Menjadi Anime


Comments

Popular posts from this blog

6 Manga Balas Dendam Bully Terbaik dan Paling Menegangkan

Apa yang Dimaksud Bullseye Framework dan Bagaimana Aplikasinya?

6 Rekomendasi Manga Harem Terbaik Penuh Waifu Cantik