Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog Kita Secara Instan

cara mengetahui jumlah pengunjung blog kita

Bagi seorang blogger, mengetahui jumlah pengunjung blog adalah salah satu hal yang cukup penting. Pasalnya, jumlah pengunjung blog ini termasuk salah satu acuan untuk menilai performa blog di pencarian Google. Selain itu, melalui jumlah traffic atau kunjungan ke blog kita, kita juga dapat menilai apakah strategi content marketing dan link building yang dilakukan berhasil atau tidak.

Meskipun cara mengetahui jumlah pengunjung blog kita adalah salah satu bahasan dasar. Namun masih banyak blogger, khususnya pemula yang belum mengetahui perihal ini.

Nah, khusus untuk kalian para blogger baru. Pada ulasan kali ini, saya akan sedikit berbagi tutorial mudah sederhana mengenai cara mengetahui jumlah pengunjung blog kita. Penasaran?

Langsung saja, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog Kita Dengan Ahrefs

ahrefs

Sumber gambar: Pena dan Memo

Salah satu cara mengetahui jumlah pengunjung blog kita dengan cepat adalah dengan menggunakan tool SEO online bernama Ahrefs. Tools ini adalah tool SEO yang dikembangkan oleh Dmitry Gerasimenko dan dirilis perdana di tahun 2010 lalu.

Hingga hari ini, Ahrefs menjadi salah satu tool SEO yang paling banyak digunakan oleh blogger dan pakar SEO di seluruh dunia. Ahrefs sendiri menyajikan banyak fitur yang dapat digunakan untuk membantu memantau pengembangan suatu situs atau blog. Salah satu diantaranya adalah fitur bernama site explorer.

Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan crawling pada suatu situs dan kemudian memaparkan data lengkap terkait situs tersebut, termasuk di dalamnya seperti jumlah backlink, jumlah visitor blog/situs, estimasi nilai situs tersebut dan lainnya.

Dengan menggunakan fitur ini, kalian akan dapat memantau secara instan perkembangan blog kalian, terutama dari sisi jumlah visitor.

Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog Kita Dengan Google Search Console

cara daftar google search console

Sumber gambar: Pena dan Memo

Google Console juga dapat menjadi opsi lain yang digunakan untuk mengetahui jumlah pengunjung blog kita. Google Search Console adalah salah satu produk gratis Google yang disediakan untuk membantu para blogger untuk memantau kinerja dari blog atau situs mereka. 

Produk google ini menyajikan data lengkap terkait dengan performa suatu situs yang didaftarkan, mulai dari status indeks, jumlah pengunjung, keyword yang didapatkan dan lainnya. Tampilan dari google search console sendiri termasuk mudah untuk dibaca, sehingga cocok untuk blogger pemula maupun veteran.

Dengan menggunakan google search console, kalian dapat memantau perkembangan kunjungan blog kalian dapat dalam kurun waktu tertentu.

Untuk mendaftarkan blog kalian ke Google Search Console sendiri dapat dikatakan cukup mudah. Kalian hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Kunjungi Google Search Console.

  • Login ke akun gmail kalian.

  • Masukkan url blog kalian (add property).

  • Continue (Terus).

  • Verifikasi kepemilikan blog dengan metode yang tersedia (metode download file dan tag html).

  • Tekan tombol verifikasi

  • Selanjutnya, blog kalian telah terdaftar sebagai property di Google Search Console. 

Cara Menampilkan Jumlah Pengunjung di Website atau Blog Kita

cara menampilkan jumlah pengunjung di website

Sumber gambar: Pena dan Memo

Selain membahas mengenai cara mengetahui jumlah pengunjung blog kita, saya juga akan sedikit membahas tentang bagaimana cara menampilkan jumlah pengunjung di website atau blog kita. 

Dalam hal ini, saya akan membaginya ke dalam dua bahasa berbeda, yaitu untuk blogger dan wordpress.

Untuk Blogger

Untuk cara menampilkan jumlah pengunjung di blogger, kalian dapat memanfaatkan widget bernama Blog’s Stats yang disediakan oleh platform blogger. Untuk menambahkan widget ini, kalian dapat mengikuti langkah berikut:

  • Buka blogger kalian

  • Akses layout (tata letak)

  • Klik Add Widget pada tata letak bagian sidebar

  • Pilih Widget Blog’s Stats

  • Lakukan konfigurasi sederhana.

  • Klik save (simpan).

Selanjutnya, traffic counter akan muncul secara otomatis pada bagian sidebar blogger kalian.

Untuk Wordpress

Sedangkan untuk wordpress, kalian dapat menampilkan data jumlah pengunjung blog kalian dengan menggunakan layanan dari situs free counter bernama flagcounter.com. Untuk menampilkan jumlah pengunjung di blog kalian menggunakan layanan ini, kalian dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Kunjungi situs flagcounter.com

  • Lengkapi data pada kolom pengaturan counter yang tersedia (terkait dengan tampilan traffic counter yang nantinya akan muncul di blog kalian).

  • Setelah mengisi data tersebut, klik Get Your Flag.

  • Copy kode HTML yang diberikan.

  • Selanjutnya, masuk ke wordpress kalian. 

  • Buat widget baru (klik appearance > widget > text > Add Widget.

  • Buat judul counter yang akan ditampilkan di blog kalian dan paste kode html pada bagian badan widget (ubah dulu pengaturannya dari Visual ke Text, sebelum melakukan paste).

  • Klik Save (simpan).

Selanjutnya, blog wordpress kalian akan secara otomatis menampilkan traffic counter sebagai widget blog kalian.

Sekian sedikit ulasan dari saya mengenai cara mengetahui jumlah pengunjung blog kita. Kalian dapat menggunakan kedua metode yang saya jelaskan untuk memantau perkembangan visitor blog kalian.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian yang tengah mengembangkan blog. Jangan lewatkan artikel informatif lainnya seputar blogging dan kepenulisan dari saya dengan tetap mengikuti blog Pena dan Memo ini. Terima kasih telah membaca.

Baca Juga: Tutorial Cara Membuat Musik 8D di PC dan Android

Comments

Popular posts from this blog

6 Manga Balas Dendam Bully Terbaik dan Paling Menegangkan

Apa yang Dimaksud Bullseye Framework dan Bagaimana Aplikasinya?

6 Rekomendasi Manga Harem Terbaik Penuh Waifu Cantik